728x90 AdSpace

Latest News
Powered by Blogger.
Thursday, March 24, 2016

Format Liga Champions Musim Depan Diubah

Format Liga Champions Musim Depan Diubah?
NYON - Format Liga Champions musim depan dilaporakan bakal mengalami perubahan. UEFA tengah menggodok rencana merampingkan babak penyisihan grup menjadi 16 klub.

Berbeda dengan format saat ini yang diikuti 32 klub, babak penyisihan musim depan berpeluang hanya diikuti 16 tim. Babk tersebut akan terbagi dalam dua liga kecil sehingga penyisihan grup hanya memakan 14 pertandingan. Namun semua itu belum merupakan keputusan final, alias masih dalam wacana yang digodok UEFA.

Dalam laporan BBC, UEFA mempertimbangkan keputusan mengubah format Liga Champions setelah keluhan datang dari berbagai klub. Pasalnya, saat ini jumlah pendapatan yang diperoleh tim sangat kecil dibandingkan Liga Inggris.

Misalnya, pendapatan klub yang terdegradasi dari Liga Inggris pada musim 2016/2017 mencapai 100 juta Pound atau sekitar Rp1,8 triliun, sementara juara Liga Champions 2017 sekitar 150 juta Pound. "Untuk menciptakan Liga Champions yang benar-benar diisi tim elite Eropa, UEFA berpeluang memangkas jumlah peserta," demikian laporan BBC, Kamis (24/3/2016)

Dengan dipangkasnya jumlah klub, makan babak kualifikasi sebelum tiba di penyisihan tersebut kemunkinan bakal ditambah. Dalam format baru, akan ada dua liga kecil yang masing-masing terdiri dari delapan klub.

Belum ada keterangan resmi terkait rencana perubahan tersebut, namun seorang juru bicara UEFA kepada The Guardian mengatakan bahwa federasi sepakbola Eropa tengah melakukan pembicaraan serius terkait rencana tersebut.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Format Liga Champions Musim Depan Diubah Rating: 5 Reviewed By: BOLA DUNIA